3 langkah menuju sukses

sukses berbisnis BISNIS yang sukses sukses berbisnis
sukses berbisnisbisnis yang suksesrahasia bisnissukses **** bisnis sukses sukses berbisnis ****

23.12.10

::BAGAIMANA MENGHARGAI TEMAN::



Menghargai seseorang
Pada sutu hari saya datang ke rumah seorang teman pejabat tinggi, Kebetulan karena saya ada kepentingan konon orang-orang yang berkunjung ke rumahnya dan bisa bertemu sudah merupakan keuntungan besar, karena memang pejabat itu sulit untuk ditemui, katanya tak ada waktu sibuk dan seribu alas an lainnya.
Kebetulan hari itu saya minta pendapat tentang hal-hal mengenai pemerintahan, setelah berjabat atangan maka saya pun tak langsung mengatakan kepenatingan saya tetapi saya mengucapkan seauatu yang membuatnya begembira atau setidaknya dia tertarik dengan pembicaraan saya.
Saya tertarik betul mendengarpidato Bapak seminggu yang lalu bahsa bapak begitu pasikh dan enak di dengar. Nadanya yang naik membuat para hadirin tak ada yang mengantuk begitu pula saya pak.
Saya kira biasa-biasa saja , katanya datar. Ah bapak terlalu merendahkan diri pidato yang demikian dikatakan biasa bagi saya ceramah bapak benar-benar luar biasa.
Apakah para hadirin juga berpendapat sama seperti saudara.
Tentu- tentu saja pak ketika bapak berpidato mereka senantiasa mendengarkan dan bertepuk tangan ketika ada kata-kata bapak yang dianggapnya lebih penating atau lebih menarik.
Oleh sebab itu penghargaan ini saya lontarkan bertubi-tubi terhadap pejabaat tinggi tersebut maka beliau bukan saja melawan dalam bercakap-cakap melainkan menjelaskan rahasia apa yang dipakainya dalam tehnik pidato.
Setelah pejabat tinggi itu tertarik dan tenggelam dalam suatu pembicaraan maka lantas saya kemukakan maksud saya, dengan demikian beliau tak lagi beralasan banyak urusan tak sempat menemui atau alas an yang lain. Tetapi sebaliknya beliau senang sekali atas kedatangan saya dan member petuah-petuah seta segudang petunjuk dalam memecahkan kesulitan saya.
Apakah kesan yang anda peoleh dari pengalaman cerita diatas tentu andapun sependapat dengan saya bahwa semua orang senang bila mendapat pujian atau mendapat penghargaan. Sebagaimana anda sendiri tentu anda berbangga hati seandainya karya anda disanjung orang.
Tetapi ingat dan perlu anda catat bahwa janganlah sekali-sekali anda menghaargai seseorang dengan suatu yang bersifat rayuan dan sanjungan janganlah seseorang dinaikkan ke pucuk yang tinggi, kalau anda berlebihan dalam memuji seseorang makamereka mempunyai perasaan bahwa sanjungan itu tak lain adalah ejekan belaka dan apa yang akan terjadi orang yang and sanjung atau anda puji itu berbalik membenci anda wah bertakhir jadinya.
Dan yang lebih penting lagi bahwa pujian yang terlontar itu hendaknya dengan cara yang jujur ingat anda jangan munafik untuk memuji seseorang dimulut menyanjung tapi di hati mencela , sekali-sekali janganlah begitu Katakan bahwa nada suka dan banga dengannya lalu anda memuji dengan cara yang tulus dan jujur nah dengan demikian maka orang atersebut akan merasa bahwa dirinya telah mempunyai kelebihan yanga akahirnya akan suka terhadap anda.
Untuk mencapai sesuatu kemajuan dalam usaha atau dalam kehidupan kita sehari-sehari maka metodae menghargai orang lain ini sangat penting. Dan perlu dirasakan kiranya. Hargailah pendapat orang lain agar anda disukainya pujilah hasil kerjanya agar mereka berbangga hati.
Anda mugnkin sependapaat dengan saya bahwa setiap manusia yang ada di dunia ini mempunyai sifat senang dipuji senang bila disanjung aorang lain,sampai-sampai orang yang mendapat sanjungan yang berlebihan menjadi terjerumus karena pujian itu, itulah saya tarik pujian dan sanjungan, nah, apabila anda pandai memuji seseorang maka anda akan disenangi dan diterima dalam pergaulan.
Sebenarnya bukan saja pujian itu disenangi orang perorang, tetapi bangsa perbangsa aatau suku-suku yang ada di dunia ini senang dipuji, dsanjung dan sebagainya.
Satu contoh bahwa masyarakat atau penduduk asli Jawa kiranya sangat pandai bercerita tentang pewayangan bahkan beberapa orang dantaranya bisa memainkan wayang atau disebut dengan kid alang , begitu juga masyarakat sunda merekapun mempunyai kebanggaan tersendiri yakni dengan tari jaipongannya, merteka akan senang bila tari jaipong akan masuk dalam acara televise.
Begitu pula orange jawa ,mereka akan senang apabila cerita wayang kulit diangkat dalam acara Nusantara Budaya , itulah sekedar gambaran bahwa masing-masing suku atau bangsa mempunyai kebanggaan tersendiri, dan suatu bangsa akan bangga apabila kebudayaannya itu dihargai atau dipuji.
Hall Caine, adalah pujangga yang terkenal di Eropa. Karangannya banyak dibaca oleh berjuta-juta manusia karena bahasanya yang menarik dan enak dicerna. Ketika masih kecil dia adalah anak seorang pandai besi, tetapi karena ketekunannya membaca sajak dan syair maka dia mencoba untuk mengarang buku, buku tersebut memuat penghargaan atas karangan Rosseti sehingga banyak orang bisa mengambil kesimpulan bahwa pujangga yang menjadi aliran Caine adalah pujanga kelas kakap.
Dan akhirnya sampoailah buku yang ditulis Caine itu berada ditangan Rosseti , Rosseti lalu membacanya,ruppanya Rosseti tertarik dengan tulisan Caine karena tulisan itu memuji- muji karyanya, maka tak lama kemudian Caine mendapat surat dari Rosseti yang isinya bahwa dia meminta agar Caine datang ke London utnuk menjadi Sekretarisnya.
Bagi Caine panggilan itu merupakan kesempatan terbaik untuk meniti kariernya, bukankah Rosseti adalah pujangga tersohor, dan Caine akan ikut tersohor pula nanti, waktu itulah Caine memulai dengan kehidupannya dan akhirnya dia menjadi terkenal melebihi Rosseti, semua buku-bukunya masuk penerbit lalu dibaca khalayak ramai, karena Rosseti Caine menjadi terekenal dank arena buku pertamanya yang memuji Rosseti juga dia bisa menjadi sekretarisnya.
Dari kisah Caine diatas mska kita bisa menarik kesimplan bahwa kaena Caine menulis tentang pujian terhadap karya Rosseti sehingga dia ditarik menjadi sekretarisnya dan karena dia menjadi terkenal pula.
Seandainya Caine tidak menulis pebnghargaan tentang karya Rosseti maka sudah pasti dia tetap menutup kariernya tetapi menjadi seorang anak dari tukang besi , tetapi karena pengahargaan dan pujian yang terlontar maka Caine bisa terkenal.
Pada dasarnya tiap-tiap orang yang berada dihadapan kita maka mereka mempunyai perasaan, mempunyai angapan bahwa dirinya adalah merasa lebih dari segalanya dia merasa mulia lebih tinggi lebih berkuasa dan lain sebagainya. Malah salah saatu cara yang berhasil utnuk menggaetnya sebagai teman akrab anda, gampana saja anda harus bisa menarik perhatian orang tersebut, bagaimana caranya, nyatakanlah pujian anda kepadanya dengan jujur dan tulus keluaar dari nurani anda yang dalam.
Semakin anda pandai menarik simpati dan memuji maka anda semakin mudah untuk mempengaruhinya, karena apabila orange lain telah menyukai anda maka andapun akan mudah memberikan ide-ide kepadanya,yang akhirnya dia Cuma bisa meng”iya” kan dan berangguk.Mudah bukan.
Oleh sebab itu janganlah sekali-kali anda berbicara dengan seseorang lalu anda Cuma menceritakan kelebihan anda, tentang pengalaman anda atau tentang apa-apa yang anda punyai ingatlah bahwa kita Cuma berbicara tentang kelebihan kita, tanpa mengimbangi pendapat atau pekerjaan orang lain maka pastilah orang yang ada di depan kita akan muak, dan menganggap kita sombong dan egois.

Tidak ada komentar: